Sabtu, 30 September 2023

RAYAKAN HARI JANTUNG SEDUNIA, RSUD BANGIL GELAR MENARI DAN JALAN SEHAT


Memperingati hari jantung sedunia 2023, Rumah sakit umum daerah Bangil Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan sejumlah kegiatan. RSUD Bangil memulai peringatan hari jantung sedunia dengan kegiatan Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat menjadi MENARI. Acara ini merupakan kegiatan pemecahan rekor muri dengan kategori peserta terbanyak yang dilakukan serentak diberbagai kota di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan penyuluhan terhadap pasien tentang pentingnya mengetahui irama jantung yang sehat . Menari dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 25 sampai 27 september 2023 di poli jantung RSUD Bangil.


Meraba denyut nadi sendiri merupakan tindakan dasar untuk memeriksa kesehatan jantung. “Detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur dapat menandakan adanya gangguan irama jantung” Kata dr. Yunita Leksono, Sp.JP dokter spesialis jantung RSUD Bangil. Dia menambahkan bahwa jantung yang sehat memiliki denyut nadi 60-100 kali permenit dengan irama yang teratur. Dalam penyampaian materinya, dr.Yunita juga menyatakan untuk memeriksa denyut nadi sendiri ada waktu yang efektif yaitu dikala tubuh sedang rileks atau santai. “Melakukan aktivitas meraba denyut nadi sendiri efektif dilakukan pada sebelum dan setelah melakukan aktivitas sehari-hari kegiatan ini juga baik dilakukan ketika pagi hari pada waktu setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur” imbuhnya.



Perayaan hari jantung dunia di RSUD Bangil tahun ini ditutup dengan melangsungkan olahraga jalan sehat di sekitaran RSUD Bangil. Jalan sehat kali ini diikuti oleh civitas hospitalia RSUD Bangil serta komunitas binaan RSUD Bangil. Berliana sapaan akrab dari Iga Berliana salah satu peserta acara jalan sehat mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan olahraga ringan yang banyak manfaat.  “saya sangat senang sekali dengan kegiatan seperti ini, kita bisa jalan-jalan keliling RSUD Bangil sambil olahraga” tutur berlian.


Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen RSUD Bangil untuk terus memberikan edukasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Humas RSUD Bangil Muhammad Hayat mengungkapkan tujuan utama peringatan hari jantung adalah menambah wawasan tentang penyakit jantung. “ Kami berharap masyarakat lebih memperhatikan tentang pentingnyna mengenali dan bisa melakukan deteksi sedini mungkin terhadap penyakit jantung” tuturnya. Dalam peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. RSUD Bangil sekarang ini memiliki mesin echocardiography yang berguna untuk mendeteksi struktur dan fungsi jantung. Selain itu, RSUD Bangil juga mempunyai mesin holter yang digunakan untuk mendeteksi irama jantung. Untuk melihat sumbatan jantung pada usia muda RSUD Bangil memiliki alat yang bernama CT SCAN Jantung. Pada tahun ini RSUD Bangil akan mengoperasikan mesin untuk memasang katerisasi pada jantung yaitu Cathlab. “Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kami akan terus mengembangkan fasilitas-fasilitas yang ada di RSUD Bangil” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas perhatian Bpk/Ibi/Sdr (i)...saran masukkan anda sangat berguna bagi kami

FIELD STUDY STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK DI RSUD BANGIL

Pembekalan materi oleh RSUD Bangil Kamis 18 Januari 2024, Stikes Satria Bhakti Nganjuk melakukan Field Study (Studi Lapangan) di RSUD Bangil...