Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) menjadi suatu agenda yang harus segera diterapkan oleh semua instansi penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya mengukur kinerja dan kualitas pelayanan publik secara terus-menerus dan berkelanjutan. Dalam bagian pengantar keputusan tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, MENPAN menyatakan : Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan oleh semua jajaran aparatur negara pada semua tingkatan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Kementerian PAN menetapkan kebijakan tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap unit pelayanan instansi pemerintah. Instrumen IKM ini juga diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menilai secara obyektif dan periodik terhadap perkembangan kinerja unit pelayanan Publik.
TUJUAN
Pengukuran survey kepuasan masyarakat dimaksudkan sebagai acuan sebagai Unit Pelayanan instansi pemerintah dalam menyusun indeks kepuasan masyarakat, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka penetapan kualitas pelayanan publik selanjutnya.
Hasil Survey Kepuasan Masyarakat di RSUD Bangil dengan menggunakan
unsur-unsur di IKM adalah sebagai berikut :
Nilai IKM : 85.54
Sesuai
dengan mutu pelayanan masuk katagori B dan Kinerja Unit Pelayanan katagori “Baik”
1. Kecepatan waktu dalam pelayanan
mendapat nilai terendah (79.06), sedangkan, Kesuaian
hasil produk layanan dengan data yang dimasukkan (98.44).
2. Kesesuaian persyaratan administrasi (85.94) dan
kemudahan prosedur pelayanan (84.06).
3. Tersedia mekanisme & sarana pengaduan (91.88) sedangkan Kesesuaian biaya dengan aturan tariff (82.81).
4. Kesopanan dan keramahan petugas (83.44), kualitas sarana dan prasarana (80.31), sedang Kemampuan petugas dlm memberikan pelayanan (84.69).
\
Indeks Kepuasan Masyarakat Triwulan IV 2021 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih atas perhatian Bpk/Ibi/Sdr (i)...saran masukkan anda sangat berguna bagi kami