Pasien gagal ginjal kronis di Pasuruan tak perlu jauh-jauh ke Malang atau Surabaya untuk terapi hemodialisa (cuci darah). Pasalnya, RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Bangil kini punya 36 mesin Instalasi Hemodialisis (cuci darah).
36 mesin terapi hemodialisa ini merupakan pengembangan dari yang awalnya hanya memiliki 9 unit pada 4 April 2016 lalu. Dan kini, puluhan mesin cuci darah ini bisa dioperasionalkan, (saat ini baru 20 unit yang dioperasionalkan, sisanya 16 unit akan segera menyusul menunggu kesiapan SDM/perawat terlatih) dan secara simbolis diresmikan oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Kamis (15/04/2021).
Direktur RSUD Bangil, dr Arma Roosalina mengatakan, penambahan jumlah mesin instalasi hemodialisa semata-mata untuk memenuhi kebutuhan warga Pasuruan dan sekitarnya. Dimana dari hitungan analisis, terdapat 1285 pasien di Pasuruan yang membutuhkan terapi hemodialisa. "Kita punya 9 mesin hemodialisa sejak tahun 2016. Karena kebutuhan masyarakat meningkat dan banyak daftar antrian, nah daripada jauh jauh sampai ke Malang atau Surabaya sehingga butuh biaya yang besar, maka sesuai petunjuk Bupati, kita tambahkan jumlah mesin hemodialisa nya," katanya.
Penandatangan Peresmian oleh Bupati Pasuruan |
Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf meminta kepada RSUD Bangil agar segera meningkatkan kapasitas para perawat dengan mengikutisertakan pada pelatihan hemodialisa."Yang pasti, saya berharap dengan penambahan jumlah mesin hemodialisa ini diikuti dengan peningkatan kualitas SDM. Segera mengirimkan para perawat untuk mengikuti pelatihan hemodialisa agar bisa membantu perawat lain dalam melayani pasien," ungkapnya.
Dengan bertambahnya mesin hemodialisa, pria yang piawai dalam memainkan banyak alat musik ini juga berharap agar penambahan jumlah alkes (alat kesehatan) juga dibarengi dengan peningkatan mutu pelayanan terhadap pasien. Terlebih karena RSUD Bangil merupakan rumah sakit type B yang harus memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien maupun keluarganya.
Bupati Pasuruan bersama Direktur dan Tim HD |
RSUD Bangil : "Peduli dan Berkualitas Dalam Pelayanan"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih atas perhatian Bpk/Ibi/Sdr (i)...saran masukkan anda sangat berguna bagi kami